Program Padat Karya di Bantul Tahun Ini Senilai Rp19,3 Miliar

by

Bantul, Koran Jogja – Pemkab Bantul tahun ini bakal menggulirkan sebanyak 163 proyek padat karya yang menyasar pembangunan cor blok, pembangunan talud hingga jembatan lingkungan. Bersumber dari APBD Bantul dan APBD DIY, total anggaran yang disiapkan mencapai Rp19,3 miliar.

Dalam sosialisasi program padat karya di Dusun Cabean, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon pada Selasa pagi (23/3), Sekretaris Disnakertrans, Istirul Widilastuti mengatakan Bantul sendiri menggelontorkan sebanyak 103 proyek.

“Sedangkan dari Pemda DIY sendiri ada sebanyak 60 proyek yang bakal dikerjakan oleh masyarakat Bantul,” jelasnya.

Untuk 103 proyek padat karya tahun ini, Pemkab Bantul telah menganggarkan satu titiknya sebesar Rp100 juta. Sedangkan Pemda DIY menganggarkan dana untuk satu proyek senilai Rp160 juta.

Jika ditotalkan, maka anggaran proyek padat karya di Bantul tahun ini mencapai Rp19,3 miliar.

Istirul mengatakan keberadaan program padat karya di tengah pandemi Covid-19 diharapkan mampu menggerakkan ekonomi di masyarakat karena pengerjaan proyek ini sepenuhnya dilakukan oleh warga dan digaji.

“Harapannya program padat karya bisa dimulai April besok, namun karena refocusing anggaran, kemungkinan paling cepat terlaksana pada Mei mendatang,” lanjutnya.

Staf Pengantar Kerja Disnakertrans DIY, Ricard mengatakan Pemda DIY sendiri mengucurkan 110 titik program padat karya di seluruh DIY dan Kabupaten Bantul mendapatkan 60 titik atau paling besar sendiri di antara kabupaten kota lainnya.

“Pada 2020 yang lalu Bantul juga mendapatkan 29 titik dari 50 titik di seluruh DIY,” katanya.

Setiap titik program padat karya mendapatkan kucuran anggaran senilai Rp 160 juta dengan melibatkan 52 orang tenaga kerja dengan masa pengerjaan selama 18 hari kerja.

Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo mengatakan program pada karya diharapkan bisa memeratakan pembangunan yang dimana faktanya masih ditemukan daerah yang tertinggal pembangunan infrastrukturnya.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *