Puasa, Yogya Geber Suntik Vaksin Lansia

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan menggelar vaksinasi Covid-19 bagi lanjut usia (lansia) di Balaikota pada 23 dan 24 April 2021 serta 7 dan 8 Mei 2021. Kegiatan tersebut adalah upaya Pemkot Yogyakarta untuk melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 bagi lansia.

“Kami akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Balaikota Yogyakarta. Kegiatan itu dalam rangka percepatan vaksinasi lansia,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani, Selasa (20/3/2021).

Vaksinasi bagi lansia pada 23-24 April dan 7-8 Mei akan dilaksanakan pukul 15.30- 17.30 WIB dan 18.30- 20.30 WIB di Grha Pandawa kompleks Balaikota. Vaksinasi Covid-19 itu menyasar warga lansia atau 60 tahun ke atas di Kota Yogyakarta yang belum disuntik vaksin Covid-19.

“Lansia itu memiliki risiko yang lebih tinggi. Makanya pelaksanaan vaksinasi lansia didekatkan mendekati buka puasa maupun sesudah buka puasa. Walaupun sebenarnya vaksinasi saat puasa aman dan MUI juga membolehkan karena tidak membatalkan puasa,” terangnya.

Dia menjelaskan dalam kegiatan vaksinasi lansia di Balaikota itu tiap kelurahan di Kota Yogyakarta mendapatkan kuota 50 orang peserta vaksinasi lansia, termasuk pengantar. Peserta vaksinasi lansia datang sesuai jadwal yang terlampir dan membawa KTP. Bagi lansia di 45 kelurahan yang sudah menerima undangan vaksinasi Covid-19 di Balaikota, diminta datang tepat waktu dan sesuai jadwal.

“Dalam memobilisasi lansia perlu kerja sama dengan wilayah. Maka kami akan laksanakan dari Kemenkes tentang two in one. Jadi nanti orang yang membawa atau pengantar minimal dua lansia itu bisa ikut divaksin. Ini juga merupakan salah satu strategi kami untuk percepatan vaksinasi lansia,” jelas Emma.

Pihaknya menyatakan sudah memiliki data lansia di Kota Yogyakarta bisa mencapai sekitar 60.000 karena dimungkinkan lansia yang berdomisili di kota bukan KTP Yogya juga dapat divaksin. Tapi sebenarnya, lanjutnya, target dari Kementerian Kesehatan untuk vaksinasi lansia di Kota Yogyakarta hanya sekitar 46.000 sesuai potensi lansia KTP Kota Yogya. Dia menyebut sampai kini di Kota Yogyakarta ada 24.262 lansia yang sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama dan 11.578 lansia menerima suntikan vaksin dosis kedua.

“Kami sudah memiliki data lansia di kota. Dimungkinkan yang belum terdaftar dalam calon penerima vaksin adalah pengantar sehingga akan didata langsung saat di lokasi vaksinasi,” paparnya.

Dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 lansia di Balaikota Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menyiapkan petugas vaksinator sebanyak 7 tim. Vaksinasi Covid-19 untuk lansia juga tetap dilaksanakan di masing-masing fasilitas kesehatan sesuai waktu yang telah ditentukan fasilitas kesehatan di 13 rumah sakit, 18 puskesmas dan 1 klinik di Kota Yogyakarta.

“Vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan tetap jalan selama bulan Ramadan. Setiap harinya bisa seribu lebih. Untuk puskesmas tidak buka setiap hari. Vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan saat ini masih fokus untuk lansia dan guru karena untuk percepatan,” ucap Emma.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *