Satu-satunya Di Indonesia, Ada Mangut Geger Sapi Di Bantul

by

Bantul, Koran Jogja – Bagi yang senang berburu kuliner unik nan enak, mungkin menu khusus mangut geger (punggung) sapi bisa dijajal. Hadir Dusun Padokan, Desa Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul menu khusus ini merupakan satu-satunya yang disajikan di Indonesia.

Berada di sisi utara pabrik gula Madukismo, warung yang didirikan oleh Hariyanto ini bernama ‘Joglo Mas Iyan’ bisa didapatkan setiap harinya. Warung ini didirikannya setahun yang lalu.

“Masakan ini terinspirasi dari olahan mangut yang diwariskan orang tua. Dulu orang tua saya seringkali menyajikan mangut namun berbahan ikan laut,” katanya, Rabu (11/5).

Melihat pesatnya persaingan menu mangut di Bantul, Hariyanto mencoba menghadirkan menu yang berbeda dan hasilnya geger sapi menjadi pilihan utama sehingga menghasilkan rasa yang berbeda.

Di warungnya sebenarnya Hariyanto menyediakan menu spesial yaitu gongso kepala sapi. Namun karena ingin mendapatkan pelanggan baru, dirinya kemudian mengolah dan mengkreasikan bumbu gongso dengan bumbu lain dari rempah-rempah khusus untuk menu mangut geger sapi.

“Kenapa saya memilih geger sapi sebagai bahan utama? Karena harus diakui, daging yang ada di punggung itu empuk. Selain itu juga ada sumsumnya, yang dipercaya oleh orang dulu bisa meningkatkan vitalitas,” lanjutnya.

Terkait dengan harga per menu, Hariyanto membandrol Rp27 ribu dengan sajian yang terdiri dari iga daging dan punggung sapi. Nah untuk tambahan nasi dikenakan harga Rp3 ribu, kemudian aneka minuman hanya Rp3 ribu.

Hadir pertama kali saat ramadhan kemarin, Hariyanto mengaku selama libur lebaran kemarin setiap harinya terpesan sebanyak 20 porsi.

Dalam pengelolaannya, Hariyanto bercerita bahwa geger sapi yang dibeli kemudian dipotong-potong sesuai porsi yang ditentukan berdasarkan ruasnya. Usai dicuci bersih, bahan utama ini kemudian direbus lebih dari satu jam untuk membuat daging menjadi empuk.

Setelah direbus, barulah geger sapi ini dimasak dengan bumbu gongso yang sudah dicampur rempah khusus yang terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, daun salam, laos, sere, santan dan petai.

“Monggo saja dicoba rekan-rekan. Ini menu yang yang enak dan unik. Satu-satunya di Indonesia bahkan dunia yang hanya ada di Bantul,” ucapnya.

Salah satu pembeli, Tita Muktiana mengaku tertarik mencoba mangut geger sapi ini usai melihat foto-foto di media sosial.

“Yang pasti yang terasa banget rempah-rempahnya. Agak pedas namun masih bisa dinikmati. Dibandingkan mangut lele, lebih pedas,” katanya. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *