Seluruh Desa di Indonesia Terlayani Sinyal 4G Akhir 2022 Nanti

by 4 days ago

Yogyakarta, Koran Jogja – Seluruh desa di Indonesia ditargetkan sudah terlayani sinyak 4G pada akhir 2022 mendatang. Dalam upaya mewujudkannya, Kominfo menggunakan BLU Bakti dan juga menggandeng perusahaan-perusahaan seluler.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan saat ini terdapat 12.500 daerah yang belum terjangkau 4G. “Dalam kurun 2021-2022, diusahakan 12.500 dapat terlayani dengan sinyal 4G, 9100 diantaranya merupakan daerah 3T,” katanya di Yogyakarta, Jumat (16/10).

Johnny mengatakan, pembangunannya menggunakan BLU Bakti Kominfo yang menggunakan anggaran APBN, PNBP, dan University Service Obligation.

“Kami juga menggandeng perusahaan seluler, utuk bekerja bersama dan bersungguh-sungguh. Di akhir tahun 2022. Seluruh desa di Indoensia harapannya sudah terlayani 4G, termasuk Jogja dimana saat ini masih terdapat 41 titik yang memerlukan pelayanan cepat 4G,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Johnny juga mengatakan, ada lebih dari dua ribu sebaran konten hoaks sejak pandemi Covid-19, di Facebook, Youtube, Twitter, Instagram, maupun di Tik Tok. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut sudah ada 1.800 diantaranya yang dilakukan take down. “Ada lebih dari dua ribu sebaran di platform digital. Baik di Facebook, Youtube, Twitter, Instagram, maupun Tik Tok,” katanya.

Johnny mengatakan, pihaknuya melakukan cek dan ricek, serta konfirmasi akan informasi yang berkembang di ruang digital, kemudian diberi labelling. Selain itu juga minta platform yang bersangkutan untuk melakukan take down. Menurutnya, sampai saat ini sudah ada sekitar 1.800 hoaks yang ditake down. Sedangkan sisanya masih dalam proses.

Johnny berkata, ia sendiri juga melakukan komunikasi dengan pimpinan platform digital dalam upaya membersihkan hoaks ini. Seperti koordinasi dengan CEO Youtube, Susan Wojcicki.  “Saya sendiri sudah berkomunikasi dengan platform digital tidak hanya dengan yang di Indonesia. Di AS bulan lalu saya kontak dengan Susan Wojcicki, CEO Youtube, untuk ambil langkah cepat pembersihan hoaks,” ucapnya.(rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *