Sempat Melarikan ke Lampung, Pelaku Pencabulan Banguntapan Ditangkap

by

Bantul, Koran Jogja – Sempat melarikan diri usai melakukan pencabulan pada bocah perempuan berinisial DA berusia 11 tahun ke Lampung, SA (63) warga Kecamatan Banguntapan ditangkap Satreskrim Polres Bantul. Pelaku terbukti memperkosa bocah yang menderita keterbelakangan mental ini.

Dalam jumpa pers di Mapolres, Kamis (4/2), Kaurbinopsnal Satreskrim Polres Bantul, Iptu Sutarja menerangkan peristiwa ini sebenarnya terjadi pada November 2019 lalu namun baru dilaporkan pada Januari 2020.

“Pelaku menjalankan aksinya sampai tiga kali di lokasi berbeda yaitu di kebun, di rumah pelaku, dan di dalam kamar korban. Semua aksi dilakukan dalam waktu sebulan dengan kondisi rumah sepi,” ujarnya.

Sutarja mengatakan peristiwa asusila yang dilakukan tersangka SA terjadi pada Januari-Februari 2020 lalu, kemudian baru dilaporkan pada September 2020. Setelah kejadian, tersangka melarikan diri ke daerah Lampung dan baru ditangkap pada Selasa (2/2) lalu di rumahnya di Banguntapan.

Dari pemeriksaan, SA mengaku tindakan bejat itu karena nafsu yang muncul sebab korban korban sering mendekatkan tubuhnya ke pelaku saat bermain ke rumahnya.

“Hubungan pelaku dan korban ini tetangga dekat,” ucap Sutarja.

Kejadian ini baru terbongkar setelah beberapa bulan usah korban mengeluh kesakitan di bagian alat vitalnya. Korban kemudian dibawa ke puskesmas terdekat dan diketahui dari hasil pemeriksaan tim medis bahwa diduga terjadi adanya tindakan persetubuhan.

Mendengar adanya laporan dan penyelidikan oleh kepolisian, pelaku SA kemudian kabur ke Lampung. Hampir selama 1 tahun pelaku berada di Lampung dan baru terlihat kembali ke Banguntapan akhir Januari 2021.

“Pelaku kami amankan tanggal 2 Februari 2021 kemarin,” kata Sutarja.

Pelaku akan didakwa pasal 81 Undang-Undang RI nomor 17 tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang-undang RI nomor 23 tahun 2002 ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *