Setahun Di Jogja, eFisher Salurkan Pembiayaan Rp2 Miliar

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Co-founder dan Chief of Staff eFishery Chrisna Aditya menyatakan setahun merambah Daerah Istimewa Yogyakarta perusahaanya telah menjangkau 300 peternak ikan. Tri semester tahun ini bahkan sudah menyalurkan pinjaman pembiyaan hingga Rp2 miliar.

“eFishery, perusahaan rintisan (startup) di sektor perikanan yang berkeinginan memberikan solusi bagi pembudidaya ikan dengan menawarkan layanan dari hulu ke hilir. Mulai dari manajemen pakan, akses pembiayaan, dan pasar bagi para pembudidaya ikan melalui teknologi yang dimilikinya,” kata Aditya, Rabu (21/4)

Dengan potensi produksi perikanan mencapai 95.000 ton per tahun dari komoditas ikan lele, nila, dan gurame. DI Yogyakarta menjadi salah satu wilayah yang dianggap memiliki potensi akuakultur tinggi di Indonesia.

Hadir sejak 2013 lalu eFishery telah membantu peternak ikan dalam hal efisiensi tenaga dan produktivitas hasil panen.

“Penggunaan mesin pemberi pakan otomatis (fender) memudahkan peternak dalam hal pemberian pakan, baik jumlah berat maupun kapan diberikan. Semua bisa diatur lewat aplikasi,” katanya.

Namun dari pengalaman di lapangan, pengelola eFishery bahwa untuk mendapatkan hasil yang besar, tidak sekedar berasal penggunaan teknologi pemberian pakan. Namun juga modal penyediaan pakan yang mendominasi 80 persen modal.

eFishery lantas mengambil peran dengan membantu peminjaman modal ke peternak ikan dengan menghubungkan ke perbankan. eFishery bertindak sebagai penyediaan data personal peternak, mulai dari jumlah kolam, luasan kolam, tebaran ikan, hingga kebutuhan pakan.

“Melalui program Kabayan (Kasih, Bayar Nanti), hingga Maret 2021 telah tersalurkan Rp 68 miliar untuk pembiayaan ke pembudidaya. Di Yogyakarta hingga Maret lalu, total loan approved mencapai lebih dari Rp 2 Miliar,” ucapnya.

Salah satu peternak ikan dari Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Wiseso Suryo Supomo bercerita sebelum ada eFishery, dia selalu kewalahan dalam memberikan pakan ikan di kolam secara tepat waktu.

“Seringkali juga jumlah pakan yang diberikan terlalu banyak, sehingga sisa pakan yang tidak habis dimakan oleh ikan dapat dengan cepat mengotori air kolam. Semua masalah itu bisa diatasi setelah menggunakan eFishery Feeder,” ujarnya.(set)