Soal Relokasi, 444 PKL Malioboro Mendukung

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Sebanyak 444 pedagang yang tergabung dalam Paguyuban PKL Malioboro Ahmad Yani (Pelmani) mendukung rencana relokasi ke sentra-sentra yang disiapkan.

Mereka melihat PKL yang menolak tidak paham tentang keberadaan mereka di Malioboro dan jumlahnya sangat sedikit.

“Kami setuju dan mendukung relokasi, karena kami memahami bahwa lahan yang selama ini kami gunakan berdagang bukan milik atau hak kami,” kata Ketua Pelmani, Slamet Santoso, Rabu (19/1/2022).

Menurutnya selama ini para pedagang menempati bahkan sampai masuk ke toko-toko yang sebetulnya sudah lebih awal hadir di Malioboro dibandingkan PKL.

Melalui sosialisasi, hampir 99 persen anggota Pelmani setuju relokasi dan hanya satu dua yang menolak. Pihaknya juga percaya bahwa dengan relokasi, rejeki yang selama ini didapatkan di Malioboro tidak perlu dikuatirkan.

“Rejeki tidak hanya di lorong-lorong Malioboro saja. Kami percaya dan berharap pemerintah tidak memindahkan kami ke akuarium yang kering airnya. Pemerintah berjanji professional,” jelasnya.

Dalam pertemuan dengan Pemda DIY yang diwakili Dinas Kebudayaan, Dinas UMKM dan Koperasi, kemudian Biro Hukum. Pemerintah berjanji dinas terkait akan bekerja profesional untuk mempromosikan sentra PKL sehingga dikunjungi wisatawan.

Slamet mengatakan kemungkinan seluruh anggota Pelmani akan dipindahkan ke sentra yang berada di eks gedung bioskop Indra.

Mengenai adanya PKL yang menolak relokasi, Slamet mengatakan hal itu wajar dan merupakan hak saja. Namun dirinya menjamin jumlah PKL penolak sangat kecil sedangkan mayoritas PKL setuju relokasi.

Baginya, rekan-rekan PKL yang menolak relokasi masih kurang paham mengenai keberadaan mereka selama di Malioboro.

Sebelumnya, di gedung DPRD Kota Yogyakarta, Ketua Asosiasi PKL Yogyakarta (APKLY) Wawan Suhendra mengatakan sebanyak 2.336 PKL Malioboro menolak rencana relokasi yang dijadwalkan pada 1-7 Februari.

Mereka meminta penundaan relokasi ke sentra-sentra PKL satu atau tiga tahun lagi menunggu ekonomi pulih betul pasca hantaman pandemi.

Sekretaris Daerah (Setda) DIY Kadarmanta Baskara Aji memastikan proses relokasi akan jalan terus pada awal Februari besok. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *