Selasa, 23 April 2024
Koran Jogja

Soto Jogja Buka Pagi, Ada Cak Ngun di Jalan Veteran Rasanya Gurih Bikin Kenyang

Soto Jogja Buka Pagi, Ada Cak Ngun di Jalan Veteran Rasanya Gurih Bikin Kenyang. (Pemkot Yogyakarta)
Soto Jogja Buka Pagi, Ada Cak Ngun di Jalan Veteran Rasanya Gurih Bikin Kenyang. (Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta, Koran Jogja – Soto Jogja buka pagi yang cocok untuk sarapan dengan harga yang ramah kantong salah satu rekomendasinya di Soto Lamongan Cak Ngun.

Alamat Soto Lamongan Cak Ngun ini berada di Jalan Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Jogja atau tepatnya di sisi utara XT Square.

Baca juga: Satu-satunya Di Indonesia, Ada Mangut Geger Sapi Di Bantul

Penjualnya bernama Mangun (58) warga asal Lamongan yang merantau ke Jogja bersama istrinya Paijem (57) sejak 1989 silam.

Mangun mengungkapkan dirinya merintis jualan soto ini awalnya memakai gerobak kaki lima dengan memakai atap dari seng.

“Dulu sempat pindah tempat mangkal sebanyak empat kali. Alhamdulillah sudah bisa menetap di sini,” katanya dikutip dari laman Pemkot Yogyakarta, Minggu (13/8).

Mangun menamakan soto yang dijualnya Soto Cak Ngun sesuai panggilannya. Dia dibantu istri, dua anak dan empat pegawai berjulan makanan lezat ini.

Setiap harinya, dia mulai menyiapkan soto yang akan dijual sejak pukul 04.00 WIB. Warungnya ini buka mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Penikmat soto racikannya ini mulai dari warga sekitar, hingga wisatawan mancanegara. Banyak yang menyantap masakannya untuk menu sarapan.

“Saat ramai itu pas jam sarapan sampai jam 12 siang. Kalau libur saat Idul Fitri dan Idul Adha saja. Kasihan pelanggan kalau lama tutupnya,” kata dia.

Soto hasil racikan Mangun ini terbilang sederhana. Tetapi citarasanya kuat dan kaya, dengan racikan berbagai bumbu mulai dari bawang putih, merica, ketumbar.

Kuah dari soto ini terlihat kuning sehar dan ditambah irisan daging sapi yang empak dan tebal, serta nasi putih.