Terlilit Hutang, Warga di Bantul Tipu Empat Wanita Muda

by

Bantul, Koran Jogja – Karena terlilit hutang, warga Kecamatan Sewon, Bantul nekat menyamar sebagai polisi untuk memberdaya empat perempuan untuk dikeruk uangnya. Tidak tanggung-tanggung, alumnus universitas di Kota Yogyakarta ini mengaku sebagai Kasat Reskrim Polres Bantul.

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistyono mengatakan pelaku yang diamankan jajarannya berinisial DA (28) yang ditangkap di rumahnya pada Selasa (23/3).

“DA mengaku sebagai aparat polisi berpangkat AKP dengan jabatan sebagai Kasat Reskrim. Penyamaran ini digunakan untuk mempermudah dirinya menjalankan aksinya,” kata Kapolres Kamis (25/3).

Penangkapan pelaku berdasarkan laporan atas kejadian pada Desember tahun lalu. Empat korban yang melaporkan pelaku adalah (21), LS (22), ST (24) dan WL (26) yang berasal dari DI Yogyakarta maupun Jawa Tengah.

Menggunakan aplikasi kenalan dan mencari jodoh, pelaku ini menyasar korban yang sedang mencari teman pria. Berbekal pangkat dan jabatan palsu, pelaku kemudian mendekati korban. Berjanji untuk dinikahi, selain berhubungan badan, pelaku kemudian menyasar uang para korban.

“Ada yang dari Bantul juga, ada yang dari Wonosobo. Pelaku mengincar korban yaitu wanita muda yang belum menikah dan juga mahasiswi yang masih menempuh pendidikan di Yogyakarta, ” kata Kapolres.

Uang yang didapatkan pelaku dari empat korban jumlahnya bervariasi dengan total keseluruhan mencapai Rp14 juta. Dalam pengakuannya, pelaku membutuhkan uang itu untuk membayar hutangnya di bank.

Guna meyakinkan korban, bertemu dengan korban, DA mengenakan seragam tactical yang biasa digunakan Kasat Reskrim lengkap dengan lencana penyidik, BNN dan masker bareskrim yang dibeli di sebuah toko di daerah Janti, Sleman.

Saat ini, Kapolres mengatakan tengah mengembangkan kasus ini karena tidak menutup kemungkinan ada korban-korban lainnya yang tertipu oleh pelaku.

DA mengaku dirinya memesan online untuk mendapatkan seragam tactical kesatuan Polri secara online. “Belinya online, di toko daring banyak jual seragam itu. Jika lencana saya beli disana (wilayah Janti),” kata DA.

Atas perbuatannya, pelaku yang diketahui tidak bekerja ini disangkakan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman paling lama empat tahun.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *