Video NoTo Bagi Uang Tersebar, Bawaslu Bakal Klarifikasi

by

Bantul, Koran Jogja – Sebuah video yang menggambarkan pasangan nomor dua pilkada Bantul 2020, Suharsono – Totok Sudarto, sedang membagi uang ke warga tersebar ramai. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantul bakal menindaklanjuti dengan klarifikasi.

Dalam video berdurasi 2 menit 15 detik, terlihat calon Bupati Suharsono dan calon wakil Bupati Totok Sudarto terlihat berdialog dengan anggota satu keluarga. Suharsono-Totok terlihat duduk di kursi sedangkan warga lesehan di bawah.

Di tengah-tengah obrolan, Suharsono meminta seseorang memberikan bantuan berupa uang tunai kepada satu perempuan yang duduk lesehan.

“Ini kulo bantu nggo kebutuhan apa-apa. Bantu limangatus,” ucap Suharono, dalam video yang beredar tersebut.

Usai uang tersebut diterima, Suharsono lalu berujar bahwa hal ini tidak boleh diceritakan ke siapa-siapa. Ia juga berpesan jangan lupa dengan yang berbaju putih bulan depan, tanggal 9 Desember 2020.

Ketua Bawaslu Bantul, Harlina, menyatakan pihaknya sudah mengetahui dan melihat video yang beredar tersebut. Saat ini jajaranya sudah merespon dan menelusuri benar tidaknya video tersebut.

“Dari video itu kita mengindikasikan dugaan yang mengarah pada potensi pelanggaran. Sekarang masih dalam proses penelusuran,” kata Harlina, Jumat (20/11).

Kedepan, Bawaslu akan mengklarifikasi kepada pasangan calon yang bersangkutan. Namun sebelumnya, tim akan menelusuri dengan mendatangi lokasi kejadian.

“Hari ini, kita turun ke lapangan. Jika diketemukan adanya pelanggaran, kami akan memproses sesuai mekanisme hukum yang berlaku,” kata Harlina.

Dihubungi terpisah, Ketua Kampanye paslon NoTo, Arif Iskandar lewat pesan pendek menulis, “Iya mas, saya no comment dulu ya. Liat arahnya ke mana dulu,” ucapnya.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *