Warga Dusun Lopati Bakal Dites Swab Sabtu Lusa

by

Bantul, Koran Jogja – Pemkab Bantul melalui pamong Kecamatan Srandakan memastikan bakal menggelar tes swab massal kepada warga Dusun Lopati, Desa Trimurti yang menghadiri pemakaman pasien positif Covid-19 tanpa protokol kesehatan, Sabtu (5/6) lusa.

Camat Srandakan Antin Yulianti mengatakan tes swab ini selain menyasar anggota keluarga almarhum Jumirah (70) yang meninggal pada Selasa (1/6) lalu juga menyasar warga yang hadir ke pemakaman akibat provokasi salah satu tokoh.

“Rencana memang hari ini tes swab dilaksanakan, namun karena beberapa warga menolak dengan alasan sudah tes mandiri. Maka pelaksanaan diundur Sabtu besok,’ katanya, Kamis (3/6).

Pelaksanaan Sabtu nanti merupakan hasil kesepakatan Satgas Penanganan Covid-19 tingkat kecamatan dengan tingkat desa setelah mempertimbangkan berbagai alasan medis yang menyatakan tes akan lebih efektif dilaksanakan pasca lima hari pemakaman.

“Artinya lima hari ini sudah dihitung masuk masa inkubasi virus Covid-19,” ujarnya.

Kepada warga yang masih menolak, Kecamatan dibantu aparat desa terus melakukan pendekatan kepada warga, khususnya mereka yang menghadiri pemakaman. Pendekatan akan dilakukan hingga hari pelaksanaan tes.

“Meski belum ada titik temu, kami akan berusaha dalam sampai hari pelaksanaan tes agar mereka bersedia. Tes rencana bakal digelar di area terbuka di Dusun Lopati, bukan lagi di Puskesmas,” lanjutnya.

Kepala Desa Trimurti Agus Purwaka dari hasil tracing pihaknya menemukan sebanyak 27 warga yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Jumlah tersebut hanya sebagian dari warga yang turut hadir dalam pemakaman,”katanya.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meminta aparat penegak hukum mengambil langkah tegas terhadap masyarakat yang tidak memiliki kesadaran dan ketaatan pada kebijakan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Sangat menyesalkan tindakan masyarakat yang tidak taat pada kebijakan pencegahan penularan Covid-1 yang tidak beralasan. Perlu upaya keras dalam mengedukasi dan penyadaran ke masyarakat,” ujarnya pada Rabu (2/6).(set)