Wisatawan dari Zona Merah Diimbau Tak Datang ke Gunungkidul

by 4 months ago

Gunungkidul – Dinas Pariwisata Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengimbau supaya warga dari zona merah atau penyebaran Covid-19 yang tinggi untuk tidak berkunjung ke destinasi wisata di Gunungkidul terlebih dahulu. Untuk mengantisipasi terjadinya penularan Corona di lokasi wisata.

Sekretaris Dinas Parwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan untuk warga dari zona merah seperti Jakarta atau Surabaya supaya sementara tidak datang ke Gunungkidul. “Kami sarankan dari zona merah untuk tidak berkunjung dulu,” katanya pada Senin (6/7).

Harry mengatakan sulit untuk melarang warga dari zona merah datang ke destinasi wisatanya. Sebab selama ini hanya berdasarkan kartu identitas KTP saja dalam mengidentifikasi wisatawan yang datang.

“Bisa saja kan, KTP Surabaya tapi dia sudah lama tinggal di Gunungkidul. Bisa KTP orang Gunungkidul tapi ternyata dia dari Surabaya,” ucapnya.

Harry mengatakan sampai saat ini pihaknya masih melakukan uji coba operasional di empat destinasi. Yakni di Pantai Baron dan Kukup, Kalisuci, serta Gunung Api Purba Nglanggeran.

Dalam uji coba itu pun masih banyak hal yang menjadi catatannya, seperti ada pengunjung tak memakai masker maupun belum taat melakukan jaga jarak. “Itu menjadi bahan catatan kami dalam uji coba ini,” katanya.

Harry mengungkapkan dalam waktu dekat juga akan menggelar uji coba di beberapa destinasi lainnya. Terutama di kawasan pantai sekitar Baron dan Kukup. “Nanti pantai-pantai sekitar sana, sampai Pantai Poktunggal,” ucapnya.(rid/roy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *