208 Peserta Tidak Hadir di Hari Pertama UTBK-SBMPTN di UNY

by

Sleman, Koran Jogja – Universitas Negeri Yogyakarta menggelar pelaksanaan UTBK 2021 pada Senin (12/4). Pada hari pertama ini dilaksanakan dua sesi dengan jumlah peserta mengikuti UTBK pada sesi pertama sejumlah 750 peserta sedangkan sesi kedua berjumlah 600 peserta, sehingga total nya berjumlah 1350 peserta.

Sedangkan ruang yang dipergunakan sebanyak 40 ruang tersebar di tujuh fakultas, Digilib, LPMPP & LTC, LIMUNY.

Dalam suasana Pandemi Covid-19, pelaksanaan UTBK tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat. Berdasarkan rekomendasi dari  Satgas Penanganan Covid-19 DIY Nomor 420/7030 tentang pelaksanaan UTBK-SBMPTN dan CBT SM di UNY Tahun 2021 salah satu pointnya yaitu mewajibkan pemberlakuan penerapan protokol kesehatan secara khusus (Ge-Nose C19/rapid antigen/PCR Swab/rapid test) dengan hasil negatif/non reaktif bagi peserta/panitia yang masih berlaku.

Dr. Setya Raharja selaku Kepala Kantor Layanan Admisi UNY saat menjelaskan kepada peserta UTBK-SBMPTN yang tidak membawa hasil pemeriksaan (rapid),  mengatakan, protokol kesehatan peserta UTBK-SBMPTN tahun 2021 diantaranya  peserta UTBK-SBMPTN di UNY dalam kondisi sehat, suhu tubuh tidak lebih dari 37.5 C diwajibkan membawa dan menunjukkan hasil pemeriksaan Covid-19 dengan hasil negatif yang masih berlaku.

“Menunjukkan hasil asli dan menyerahkan 1 lembar fotokopi dengan ketentuan hasil pemeriksaan dengan swab antigen atau swab PCR yang dilakukan maksimal 3 x 24 jam sebelum pelaksanaan UTBK, atau hasil pemeriksaan menggunakan G-Nose yang dilakukan maksimal 2 x 24 jam sebelum pelaksanaan UTBK,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/4).

Pemeriksaan suhu dan kelengkapan hasil swab dilakukan dari gerbang masuk utama UNY, gerbang LPMPP, gerbang FIK, gerbang FBS, dan gerbang FT. Setya Raharja  mengatakan peserta yang tidak dapat menunjukkan hasil pemeriksaan (covid-19 dengan hasil negatif, tidak diizinkan masuk di lingkungan UNY dan tidak diizinkan mengikuti UTBK.

Dr. Prijo Sudibjo, M.Kes., Sp.S. selaku Ketua Umum Tim  Covid-19 Crisis Center (C3) UNY berpesan, bagi peserta yang tidak membawa hasil G-Nose ataupun hasil swab yang masih berlaku (3 kali 24 jam) langsung ditolak dan tidak bisa mengikuti tes, sesuai  peraturan yang ada.

Pada sesi pertama hari ini dari jumlah 750 peserta yang terdaftar, hadir sejumlah 607 (81%) peserta, tidak hadir 143 peserta (19%). Sedangkan pada sesi kedua, dari jumlah 600 peserta, tidak hadir sejumlah 65 (11%) peserta, hadir sejumlah 535 (89%).

Sehingga pada hari pertama ini total 1350 peserta, hadir 1142 (85%) peserta, dan tidak hadir 208 (15%) peserta.

“Secara umum pelaksanaan UTBK–SBMPTN 2021 di UNY berjalan dengan lancar. Alhamdulillah sesi pertama turun hujan sehingga suhunya tidak terlalu panas,“ kata Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik saat menyampaikan evaluasi terkait pelaksanaan UTBK hari pertama.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *