Babat Pohon Hutan Lindung Dlingo, Dua Orang Diamankan

by

Bantul, Koran Jogja – Dua orang yaitu SK (53) dan SWL (47) warga Kecamatan Playen, Gunungkidul diamankan Polsek Dlingo, Bantul pada Selasa (30/3) karena menebang tiga pohon sono keling di area hutan lindung.

Kapolsek Dlingo AKP Abdul Jalil, Kamis (1/4) mengatakan penangkapan ini berkat laporan saksi Zudiono memergoki kedua tersebut bersama satu orang lainnya menebang tiga pohon di hutan lindung blok sudimoro II RPH Mangunan BDH Kulon Progo-Bantul, Pedukuhan Nglingseng, Desa Muntuk.

“Saat kami tangkap di lokasi, satu orang berhasil melarikan diri dengan terjun ke tebing. Jajaran meringkus mereka saat memotong batang pohon menjadi bagian kecil agar bisa dibawa,” kata Abdul.

Dari pemeriksaan, aksi pemotongan pohon ini sama sekali tidak mendapatkan izin. Keduanya mengaku diajak oleh satu tersangka yang kabur dengan iming-iming bayaran tinggi. Dalam sebulan terakhir, komplotan ini telah menebang pohon di tiga lokasi berbeda di Kecamatan Dlingo.

Polisi juga menyita satu unit gergaji mesin, dua botol oli, satu gergaji manual dan satu mobil bernomor polisi AB 1216 FJ serta satu unit motor bernomor polisi AB 6371 QM sebagai barang bukti.

AKP Abdul menyebut kerugian akibat ulah para tersangka mencapai Rp 18 juta. Kedua pelaku dijerat Pasal 82 ayat satu b juncto pasal 12 huruf a dan pasal 84 ayat 1 juncto pasal 12 huruf f Undang-Undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.

“Untuk ancaman hukumannya maksimal 5 tahun penjara. Saat ini personel masih memburu satu pelaku yang kabur,” ucapnya.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *