Bagaimana Cara Membuat Menstruasi Datang Lebih Cepat?

by

Koran Jogja – Beberapa orang ingin haid tiba sebelum acara penting, atau perjalanan berkemah yang akan datang. Ada beberapa hal yang bisa mereka coba untuk mempercepat menstruasi mereka.

Tidak ada cara yang dijamin untuk membuat menstruasi tiba dengan segera atau dalam satu atau dua hari. Namun, sekitar waktu menstruasi mereka tiba, seseorang mungkin menemukan bahwa melakukan olahraga, mencoba metode relaksasi, atau mengalami orgasme dapat membawa menstruasi sedikit lebih cepat.

Dilansir dari Medical News Today, orang juga dapat mengontrol siklus menstruasi mereka dengan menggunakan kontrasepsi hormonal tertentu.

Internet juga menawarkan banyak solusi lain untuk memicu menstruasi, seperti makan nanas atau fenugreek, tetapi tidak ada bukti bahwa metode ini berhasil.

Metode untuk menginduksi suatu periode

Satu-satunya metode yang dapat diandalkan untuk mengubah siklus menstruasi adalah dengan menggunakan kontrasepsi hormonal. Namun, diet, olahraga, dan pengurangan stres juga dapat membantu.

Tidak ada cara untuk menyebabkan menstruasi pertama kali. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), menstruasi pertama seseorang biasanya akan tiba antara usia 12 dan 13 tahun. ACOG juga memperkirakan bahwa 98 persen wanita akan mengalami menstruasi pada saat mereka berusia 15 tahun.

Kontrol kelahiran hormonal

Menggunakan kontrasepsi hormonal, seperti pil KB, adalah satu-satunya metode yang dapat diandalkan untuk mengendalikan siklus menstruasi.

Pil kombinasi, yang mengandung estrogen dan progestin, adalah metode paling efektif untuk mengontrol menstruasi. Orang-orang meminum pil hormonal selama 21 hari, kemudian berhenti meminumnya atau meminum pil tiruan selama 7 hari. Mereka mengalami menstruasi dalam 7 hari ini.

Orang bisa berhenti minum pil hormonal lebih awal agar menstruasi datang lebih awal.

Perhatikan bahwa jika seseorang tidak meminum pil KB seperti yang diresepkan dokter, pil tersebut mungkin kurang dapat diandalkan dalam hal mencegah kehamilan.

Orang juga dapat melewatkan menstruasi dengan menggunakan alat kontrasepsi, yang umumnya dianggap aman oleh dokter. Pelajari tentang keamanan melewatkan menstruasi dengan kontrasepsi di sini.

Olahraga

Olahraga ringan dapat mengendurkan otot dan membantu menstruasi datang sedikit lebih cepat. Namun, bukti untuk metode ini masih bersifat anekdot, dan penelitian belum memastikan bahwa metode ini berhasil.

Beberapa orang mengalami menstruasi yang tidak teratur karena pola olahraga yang berat. Berolahraga dalam jumlah sedang dapat membantu memulihkan hormon yang dibutuhkan untuk mengembalikan siklus menstruasi yang teratur.

Relaksasi

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi berhubungan dengan ketidakteraturan menstruasi.

Menemukan cara untuk rileks dan menghilangkan stres dapat membantu, terutama jika seseorang menemukan bahwa menstruasi mereka terlambat atau tidak ada karena stres.

Yoga yang lembut, jurnal, meditasi, dan waktu bersama teman dan orang yang dicintai semuanya dapat membantu menurunkan tingkat stres.

Orgasme

Percaya atau tidak, seks dan orgasme juga bisa membantu mendatangkan menstruasi.

Kombinasi hormon yang diproduksi selama aktivitas seksual dan kontraksi rahim selama orgasme dapat membantu melebarkan serviks dan membantu rahim mulai melepaskan lapisannya.

Diet dan berat badan

Perubahan berat badan seseorang dapat mempengaruhi menstruasi mereka. Berat badan rendah dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur atau bahkan dapat menyebabkan menstruasi berhenti sama sekali. Ini karena tubuh membutuhkan lemak untuk memproduksi hormon yang berhubungan dengan menstruasi.

Memiliki berat badan yang tinggi atau mengalami perubahan berat badan yang tiba-tiba juga dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur.

Beberapa orang mungkin memperhatikan bahwa makanan tertentu dapat menunda atau mempercepat menstruasi dan memengaruhi seberapa deras alirannya dan durasinya. Ini mungkin karena kandungan lemak relatif, protein, dan nutrisi lainnya dalam makanan.

Pembatasan kalori yang berlebihan atau olahraga yang berlebihan dapat berdampak pada hormon reproduksi dan ovulasi.

Metode lain

Banyak orang menggunakan pengobatan alami untuk mencoba dan menyebabkan menstruasi. Tidak ada bukti ilmiah bahwa metode ini berhasil, tetapi ada sedikit risiko yang terkait dengan mencobanya.

Pengobatan alami yang digunakan beberapa orang untuk menyebabkan menstruasi meliputi:

nanas

Nanas kaya akan bromelain, enzim yang dipercaya dapat mempengaruhi estrogen dan hormon lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu mengurangi peradangan, yang berarti dapat membantu beberapa penyebab menstruasi tidak teratur yang melibatkan peradangan.

Namun, tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen nanas atau bromelain akan menyebabkan menstruasi.

Vitamin C

Beberapa orang percaya bahwa makan vitamin C dalam jumlah besar dapat membantu mempercepat menstruasi. Ini mungkin karena kemungkinan efek vitamin C pada tingkat estrogen dan progesteron, yang merupakan hormon yang bertanggung jawab atas waktu siklus menstruasi.

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini, tetapi meningkatkan asupan vitamin C dalam makanan tidak berbahaya.

Untuk menambah asupan vitamin C, cobalah makan:

sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung

buah jeruk, seperti jeruk dan grapefruits

sayuran silangan, seperti brokoli dan kubis Brussel

Rempah

Emmenagog adalah tumbuhan yang dipercaya beberapa orang dapat menyebabkan periode menstruasi. Orang terkadang menggunakan kamomil, peterseli, kayu manis, rosemary, sage, dan oregano untuk tujuan ini.

Beberapa juga mengatakan bahwa delima, seledri, pepaya, fenugreek, dan sawi putih adalah emmenagog.

Risiko

Kebanyakan metode yang dibahas di atas aman dan tidak menimbulkan risiko apa pun bagi orang dewasa yang sehat.

Sangat penting bahwa orang membeli suplemen herbal dari sumber yang memiliki reputasi baik karena Food and Drug Administration (FDA) tidak mengatur produk dan suplemen herbal. Juga, siapa pun yang diketahui atau dicurigai alergi terhadap salah satu jamu, makanan, atau suplemen harus menghindari meminumnya.

Kontrol kelahiran hormonal dapat menyebabkan efek samping dan mungkin tidak cocok untuk semua orang. Meski jarang, pil KB dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami pembekuan darah atau mengalami stroke atau serangan jantung.

Orang yang merokok atau yang berusia di atas 35 tahun berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi akibat pil. Saat mempertimbangkan kontrasepsi hormonal, bicarakan dengan dokter tentang faktor risiko individu.

Kapan harus ke dokter

Menurut beberapa sumber, siklus menstruasi rata-rata berlangsung selama 28 hari, meskipun biasanya berkisar antara 21 dan 35 hari.

Seseorang harus menemui dokter mereka jika mereka secara teratur melewatkan menstruasi atau jika siklus mereka sangat tidak teratur. Beri tahu dokter tentang perubahan signifikan pada menstruasi.

Siapa pun yang menggunakan pil KB harus segera menghubungi dokter mereka atau mencari perawatan darurat jika mereka mengalami gejala berikut:

– sakit perut yang parah

– sakit kepala parah

– nyeri dada atau sesak napas

– nyeri, kemerahan, atau bengkak di betis

Terakhir, orang yang menggunakan kontrasepsi hormonal untuk memanipulasi menstruasi harus berbicara dengan dokter tentang cara melakukannya dengan bentuk kontrasepsi khusus mereka, karena instruksinya dapat bervariasi dari satu bentuk ke bentuk lainnya, dan bahkan pil ke pil.

Ringkasan

Melalui pengobatan tradisional hingga modern, orang telah mencoba berbagai metode untuk menyebabkan suatu haid.

Satu-satunya metode yang dapat diandalkan untuk mengontrol menstruasi adalah menggunakan kontrasepsi hormonal. Namun, orang mungkin dapat membuat menstruasi mereka datang lebih cepat dengan menggunakan metode diet, olahraga, dan relaksasi.

Meskipun tidak ada cukup penelitian untuk menentukan apakah mereka benar-benar berfungsi atau tidak. Pastikan untuk berbicara dengan dokter tentang masalah atau pertanyaan apa pun tentang menginduksi menstruasi.(rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *