Minggu, 21 Juli 2024
Koran Jogja

Bahaya Laptop Diletakkan di Pangkuan Bagi Pria

Bahaya Laptop Diletakkan di Pangkuan Bagi Pria. (pixabay)
Bahaya Laptop Diletakkan di Pangkuan Bagi Pria. (pixabay)

Koran Jogja – Meletakkan laptop di pangkuan bisa berisiko membahayakan kesehatan reproduksi bagi pria.

Hal ini disebabkan karena terjadinya peningkatan suhu skrotum dan peluang paparan radiasi elektromagnetik.

Bagi sebagian orang, laptop merupakan alat yang paling nyaman untuk menunjang aktivitas. Namun laptop tidak pantas berada di pangkuan Anda.

Sebab ketika meletakkannya di pangkuan, bisa berisiko serius terhadap kesehatan reproduksi pria. Hal ini dikarenakan sistem reproduksi pria sangat sensitif pada fluktuasi suhu.

Dirangkum dari berbagai sumber, pada bagian skrotum memiliki peran supaya bisa menjaga organ reproduksi lebih dingin dibanding bagian tubuh lainnya.

Sementara itu, saat laptop menyala dan diletakkan pada pangkuan dan panas maka bisa meningkatkan suhu skrotum.

Akibatnya ada peningkatan risiko hipertemia skrotum, hingga berakibat menyebabkan penurunan jumlah produksi cairan pria serta mobilitasnya.

Bahkan, dalam penelitian menyebut meski masih memakai lap pad atau bantal untuk meletakkan laptop di pangkuan, hipertemia skrotum ini masih berpeluang terjadi.

Penelitian ini pun masih berlangsung, dan masih belum cukup bukti mengetahui beranaya banyak panas yang bisa diterima pria untuk mempengaruhi kualitas cairan pria.

Tetapi ketika laptop diletakkan dalam pangkuan selama berjam-jam maka suhu bagian organ vital pria bisa meningkat hampir sepanjang waktu.

Supaya bisa mengurangi risikonya, pria sebaiknya meletakkan laptop di atas meja dan memastikan ventilasi cukup untuk mencegah panas berlebih. (*)

Baca artikel lainnya:

Leave a Reply