Bantul Siaga Sambut Kemungkinan Terburuk Pasca Lebaran

by

Bantul, Koran Jogja – Pemkab Bantul memastikan seluruh fasilitas kesehatan dalam status siap siaga menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan Covid-19 pasca libur lebaran tahun ini.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Rahardja disela-sela mendampingi Bupati Abdul Halim Muslih mendapatkan vaksin untuk pertama kalinya di Puskesmas Bantul I, Senin (17/5) pagi.

“Semua fasilitas kesehatan, baik rumah sakit umum, sakit lapangan dan shelter desa siap siaga menghadapi kemungkinan terbaru usai libur lebaran kemarin,” kata Agus.

Menurutnya, terjadinya peningkatan kunjungan wisatawan selama lebaran, meskipun didominasi warga lokal DIY, namun antisipasi kondisi terburuk tetap dilakukan. Termasuk juga melakukan pelacakan yang akan digiatkan lagi usai lebaran.

Agus menyatakan selama libur lebaran kemarin, kondisi keterpaparan Covid-19 di Bantul bisa dikatakan landai sama seperti sebelum lebaran. Dimana tingkat penularan per harinya mencapai 40-50 orang per hari dengan tingkat fluktuatif tidak banyak berubah.

“Secara umum kesiapsiagaan pasca lebaran ini berlangsung sampai berakhirnya masa inkubasi pada 14 hari mendatang,” katanya.

Terkait dengan vaksinasi ke Bupati Halim. Agus menyatakan ini memang merupakan program yang sudah diperuntukan untuk tokoh masyarakat yang sebelumnya terkena Covid-19. Bupati Halim sendiri tiga bulan lalu dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Usai Bupati, vaksinasi bakal diberikan kepada para pelayanan public dan tokoh masyarakat. Nantinya proses pemberian vaksin akan dilakukan seleksi dan diberikan setelah dipanggil resmi.

Bupati Halim mengaku bersyukur dirinya mendapatkan vaksin setelah tiga bulan dinyatakan sembuh. “Saya terkena covid. Hari ini saya mendapatkan vaksin sinovac sebagai upaya meningkatkan imunitas agar lebih kebal terhadap serangan virus,” ucapnya.

Disinggung mengenai kemungkinan adanya ledakan penularan Covid-19 pasca lebaran, Bupati Halim berharap kemungkinan buruk tidak terjadi meski antisipasi kemarin sudah dilakukan banyak pihak.

Bupati memberikan Apresiasi dan terima kasih kepada jajaran kepolisian yang telah menggelar tes swab di TPR Parangtritis yang hasilnya semua negative.(set)