Gegara Mobil Tanpa Plat, Pembunuhan Bos Pabrik Wajan Bantul Terungkap

by

Bantul, Koran Jogja – Bermaksud membuang barang bukti berupa mobil korban, pelaku pembunuhan bos pabrik wajan di Bantul terungkap. Pelaku merupakan mantan karyawan korban.

Terungkapnya kasus pembunuhan Budiyantoro warga Banguntapan ini terbongkar pada Rabu pagi (31/3) saat pelaku diamankan Polres Kulonprogo.

“Pelaku Nur Kholis (22) diamankan di daerah Nangulan ketika Polres Kulonprogo berpatroli dan menemukan mobil kijang Innova dipinggir jalan tanpa platb nomor dan kaca depan retak-retak,” kata Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Ngadi, Rabu sore.

Dari pemeriksaan terungkap Nur Kholis ini berniat membuang barang bukti usai menghabisi Budiyantoro yang mayatnya dibuang di Selokan Selogedong, Desa Argodadi, Kecamatan Sedayu.

Pelaku tega menghabisi nyawa mantan bosnya karena merasa terancam sebab akan dibunuh korban karena dituduh selingkuh dengan istrinya.

Aksi nekat pelaku dilakukan pada Selasa (30/3) malam saat satu mobil dengan korban.

“Pelaku menjerat leher korban dengan nyawa dari bagian belakang kursi kemudi. Kawat ini dibawa pelaku sebagai jaga-jaga pada ancaman korban,” ujarnya.

Dengan mobil korban, pelaku yang berasal dari Samarinda, Kalimantan Timur ini lantas membuang barang bukti secara acak di daerah Godean, Seyegan Sleman, dan Sedayu, Bantul.

Pelaku sengaja merusak barang bukti seperti memecah kaca mobil agar aksi pembunuhan itu terungkap sebagai aksi perampokan.

Pelaku mengakui memang berkomunikasi intensif dengan istri korban namun tidak selingkuh.

“Saya nekat membunuh, karena takut didahului terbunuh karena dia sering mengancam,” ujar Kholis.

Kepada pelaku, polisi menjerat korban dengan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan terencana dengan ancaman minimal 20 tahun penjara atau hukuman seumur hidup.(set)