Berkomitmen Jaga Toleransi Bantul, Alasan PKS Dukung NoTo

by 2 months ago

Bantul, Koran Jogja – Bupati Bantul Suharsono dinilai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berhasil mewujudkan keberagaman sesuai Pancasila. Alasan ini yang mendorong PKS mendukung pasangan Suharsono-Totok Sudarto (NoTo) di Pilkada 2020.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Bantul Amir Syarifuddin menegaskan dukungan partai ke NoTo yang diserahkan pada Sabtu (22/8) sore sudah dipertimbangkan matang sejak lama.

“Selain survei internal yang menempatkan NoTo di urutan pertama dalam hal elektabilitas. Komitmen Suharsono yang berhasil menjaga toleransi dan keberagaman sesuai Pancasila harus terus dipertahankan,” kata Amir

Ia lantas menyebut, komitmen menjaga intoleransi ini ditunjukkan Suharsono dengan memberi izin pendirian sekitar 30 rumah ibadah non Muslim selama memimpin.

Capaian ini, jauh melebihi apa yang sudah dilakukan oleh Bupati Bantul periode-periode sebelumnya.

“Penghargaan dari Komnas untuk Bantul dalam hal intoleransi menjadi bukti valid yang tidak usah dipertanyakan. Suharsono mampu mengamalkan Pancasila dan ini sesuai komitmen PKS,” lanjut Amir.

Tidak hanya itu, nihilnya kasus hukum, khususnya korupsi, yang melibatkan ASN adalah prestasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kedua hal inilah yang menurut Amir harus diwujudkan pasangan NoTo jika memenangi Pilkada Desember nanti.

Meski menjanjikan suara dukungan sebesar 70 ribu, PKS menurut Amir meminta kekurangan selama lima tahun terakhir harus diperbaiki

“Kami melihat janji mengratiskan pendidikan dan kesehatan yang mencukupi di Bantul belum sepenuhnya terwujud. Dua bidang ini turut menjadi prioritas di periode kedua,” ujarnya.

Selama masa kampanye nanti, Amir juga meminta seluruh mesin partai yang mendukung pasangan NoTo tidak membikin gaduh dan terus menjaga guyub rukun.

Pasalnya, siapapun lawan yang nanti maju Pilkada adalah putra-putra terbaik Bantul.

“Kami pastikan, mesin partai PKS sudah panas dan sewaktu-waktu bergerak bersama memenangkan NoTo,” lanjutnya.

Usai menerima surat rekomendasi dukungan, Suharsono yang didampingi Totok Sudarto mengucapkan terima kasih atas dukungan dari PKS.

“Semakin banyak partai yang bergabung dan memenangkan kami, itu akan mempermudah tugas kami mensejahterakan masyarakat Bantul,” ucap Suharsono.

Berada di sisi legislatif, keberadaan partai pendukung akan menjadi anjing pengawas dari kinerja eksekutif agar mencapai hasil terbaik.

Sebelumnya didukung PKS, pasangan NoTo resmi mendapat dukungan dari Nasdem dan Golkar Bantul. Gerindra sendiri, yang merupakan partai Suharsono belum mendeklarasikan dukungan.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *