Senin, 22 Juli 2024
Koran Jogja

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa dengan Kompres

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa dengan Kompres. (pexels)
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa dengan Kompres. (pexels)

Koran Jogja – Cara mengatasi hidung tersumbay ada sejumlah langkah mudah yang bisa dilakukan sendiri atau dengan memanfaatkan pengobatan rumahan.

Hidung tersumbat kadang bisa membuat frustasi dan sering berpengaruh pada aktivitas harian. Banyak yang mengira kondisi ini disebabkan terlalu banyak lendir di saluran hidung.

Namun hidung tersumbat biasanya karena peradangan pada pembuluh darah di sinus. Pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah.

Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah cara mengatasi hidung tersumbat.

Mandi air hangat

Mandi air hangat bisa membuat napas lebih lega. Uap dari pancuran dapat membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan.

Mandi air hangat ini bisa membantu sistem pernapasan kembali normal, setidaknya untuk sementara.

Tetap dalam kondisi terhidrasi

Jika sedang mengalami pilek atau flu, sangat penting minum banyak air putih untuk mempertahankan tingkat hidrasi optimal.

Baca artikel lainnya:

Tingkat hidrasi yang optimal ini akan membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, mendorong keluar dari hidung dan mengurangi tekanan pada sinus.

Air hangat seperti teh juga bisa membantu meringankan rasa tidak nyaman ketika mengalami sakit tenggorokan.

Gunakan semprotan air asin 

Cara selanjutnya yakni dengan memanfaatkan semprotan larutan garam atau air asin supaya bisa meningkatkan kelembapan di lubang hidung.

Pakai kompres hangat

Kompres hangat juga bisa membantu untuk meringankan gejala hidung tersumbat. Caranya yakni dengan merendam handuk ke dalam air hangat.

Selanjutnya peras handuk dan lipat serta letakkan pada hidung serta dahi. Kehangatannya bisa memberi rasa nyaman. (*)

Leave a Reply