Daftar Makanan Berprotein Tinggi, Termasuk Tempe

by

Koran Jogja – Mengonsumsi makanan tinggi protein memiliki banyak manfaat, di antaranya membangun otot, menurunkan berat badan, dan merasa lebih kenyang setelah makan. Meskipun mengonsumsi banyak protein mungkin bermanfaat, mengonsumsi makanan yang seimbang adalah bagian penting untuk tetap sehat.

Makan makanan kaya protein dapat membantu orang menurunkan berat badan karena dapat membantu mereka menghindari makan berlebihan. Diet tinggi protein dapat membantu membangun otot tanpa lemak jika dikombinasikan dengan olahraga. Otot tanpa lemak membantu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, yang juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Dikutip dari medical news today, berikut ini adalah beberapa makanan berprotein tinggi terbaik yang dapat dikonsumsi seseorang untuk membantu mereka menurunkan berat badan.

Makanan berprotein tinggi untuk menurunkan berat badan meliputi:

  1. Kacang hitam

Kacang hitam seringkali merupakan sumber protein yang tidak mahal. Kacang hitam dapat disiapkan dengan berbagai cara, menjadikannya bahan yang sangat serbaguna saat menyiapkan makanan.

  1. Kacang lima

Beberapa kacang Lima menawarkan sekitar 21 gram (g) protein per 100 g sajian.

  1. Jagung

Jagung kuning memiliki sekitar 15,6 g protein per cangkir. Selain itu, jagung juga mengandung banyak serat dan mineral, termasuk kalsium.

  1. Salmon

Salmon dianggap ikan berlemak, artinya penuh dengan asam lemak omega-3. Salmon juga merupakan sumber protein yang sangat baik dan dapat membantu seseorang merasa lebih kenyang saat makan. Salmon mungkin tidak ramah anggaran seperti beberapa pilihan protein lainnya.

  1. Kentang

Kentang memiliki reputasi sebagai karbohidrat bertepung tetapi merupakan sumber nutrisi yang baik, termasuk protein. Satu kentang berukuran sedang dengan kulitnya mengandung lebih dari 4 g protein. Orang harus berhati-hati saat menyiapkan kentang karena tambahan yang sering orang berikan pada kentang dapat meningkatkan jumlah kalori.

  1. Brokoli

Satu cangkir brokoli mentah memiliki hampir 2,6 g protein dan mengandung beragam nutrisi seperti folat dan kalium. Sayuran pembangkit tenaga listrik ini hanya memiliki 31 kalori per cangkir.

  1. Kembang kol

Kembang kol memiliki banyak protein dengan sedikit kalori. Satu cangkir kembang kol cincang memiliki 27 kalori dan 2 g protein.

  1. Kubis Cina

Juga dikenal sebagai bok choy, sayuran ini mendapatkan banyak kalori dari protein dan penuh dengan antioksidan.

  1. Telur

Telur adalah sumber protein, nutrisi, dan lemak sehat yang sangat baik. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa telur dapat membantu orang merasa lebih puas dan menghentikan mereka makan berlebihan. Misalnya, satu penelitian menemukan bahwa sekelompok wanita yang makan telur sebagai pengganti bagel untuk sarapan merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit kalori sepanjang hari.

  1. Daging sapi

Daging sapi menawarkan protein dalam jumlah tinggi per porsi. Ada berbagai jenis daging sapi yang dapat dipilih untuk menurunkan berat badan. Orang yang mengikuti diet karbohidrat sedang harus makan daging sapi tanpa lemak sedangkan orang yang menjalani diet rendah karbohidrat mungkin makan daging sapi yang lebih berlemak.

  1. Dada ayam

Dada ayam adalah sumber protein tanpa lemak. Mayoritas kalorinya berasal langsung dari protein saat disajikan tanpa kulit. Sebuah dada ayam tanpa kulit 136 g menyediakan sekitar 26 g protein.

  1. Oat

Oat menawarkan sekitar 17 g protein per 100g. Mereka juga merupakan sumber karbohidrat kompleks. Oat mentah mudah disiapkan sebagai oatmeal dan orang dapat membumbuinya dengan berbagai makanan sehat, seperti buah-buahan dan kacang-kacangan. Orang harus menghindari oatmeal olahan karena sering mengandung gula tambahan.

  1. Tuna

Tuna adalah sumber protein yang sangat baik dan banyak tersedia yang juga memiliki jumlah kalori yang rendah. Tuna adalah ikan tanpa lemak dengan sedikit lemak. Tambahkan tuna ke salad, sandwich, dan makanan ringan. Berhati-hatilah dengan dressing tambahan, seperti mayones, karena dapat menambah kalori tambahan yang tidak diinginkan.

  1. Tempe

Tempe berasal dari kacang kedelai, seperti tahu. Namun, ia memiliki jumlah protein yang lebih tinggi daripada tahu, menawarkan sekitar 17 g per setengah cangkir. Tempe mungkin tidak mudah ditemukan, tetapi beberapa toko grosir menjualnya di bagian vegetarian berpendingin.

  1. Spirulina

Spirulina adalah bakteri yang tumbuh di air tawar dan air asin. Ini menawarkan berbagai nutrisi dan protein dari sejumlah kecil bentuk bubuknya.

  1. Kacang-kacangan

Kacang polong mengandung serat dan protein yang tinggi. Ini menjadikannya pilihan yang baik sebagai bagian dari diet penurunan berat badan karena bisa sangat mengenyangkan. Namun, beberapa orang mungkin kesulitan mencerna kacang-kacangan.

  1. Biji rami

Orang bisa menggunakan biji rami dalam salad sebagai pengganti crouton. Biji rami menawarkan sekitar 9,5 g protein per sendok makan. Mereka cukup mudah ditemukan di sebagian besar toko bahan makanan, tetapi harganya bisa mahal.

  1. Tomat yang dijemur

Tomat yang dikeringkan dengan sinar matahari merupakan tambahan yang sangat baik untuk banyak hidangan dan banyak tersedia. Mereka menawarkan sumber protein yang baik, serta nutrisi dan serat tambahan.

  1. Jambu biji

Jambu biji merupakan salah satu buah tropis yang mungkin tidak tersedia di semua tempat. Jambu biji adalah salah satu buah kaya protein yang tersedia. Ia juga menawarkan nutrisi tambahan, seperti vitamin C.

  1. Artichoke

Artichoke tinggi serat dan menawarkan jumlah protein yang baik. Artichoke sangat serbaguna dan cocok untuk digunakan dalam berbagai resep. Artichoke biasanya mudah ditemukan di sebagian besar toko bahan makanan.

  1. Kacang polong

Kacang polong tinggi protein, serat, dan nutrisi lainnya. Kacang polong tidak mahal, mudah ditemukan, dan dapat digunakan dalam banyak resep.

  1. Bison

Daging bison adalah sumber protein yang sangat baik. Bison adalah daging tanpa lemak, menawarkan lebih sedikit lemak per porsi dibandingkan daging sapi. Bison semakin banyak tersedia, dan beberapa orang menggunakannya sebagai pengganti daging sapi.

  1. Kalkun

Kalkun mengandung protein yang sangat kuat. Kalkun tanpa tulang dapat menyediakan sekitar 13 g protein per 100 g.

  1. Buncis

Buncis adalah protein vegetarian yang menyehatkan yang tinggi serat, dan penuh nutrisi yang mendukung kesehatan jantung dan tulang. Mereka juga menangkal kanker.

  1. Quinoa

Quinoa adalah satu-satunya sumber protein vegetarian yang lengkap. Quinoa mengandung 11 asam amino yang dibutuhkan untuk membuat protein lengkap, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk vegetarian, vegan, dan mereka yang tidak makan banyak daging.

  1. Yoghurt yunani

Paket yogurt Yunani polos dan rendah lemak sebanyak 19 g protein dalam panci 200g. Orang yang ingin menurunkan berat badan harus membatasi atau menghindari yogurt Yunani yang mengandung gula tambahan. Orang harus memilih versi polos sebagai gantinya dan meramaikannya dengan beberapa buah atau biji.

  1. Keju cottage

Produk susu ini memiliki banyak protein. Ini juga menawarkan porsi kalsium dan nutrisi lainnya yang menyehatkan.

  1. Almond

Kacang memiliki reputasi sebagai makanan berkalori tinggi tetapi dengan sedikit kontrol porsi, almond panggang atau almond mentah dapat menjadi camilan yang mengenyangkan dan kaya protein.

  1. Susu

Susu sapi adalah sumber protein yang sangat baik untuk orang-orang yang dapat mentolerir minum susu. Satu porsi susu 8 ons mengandung 8 g protein.

  1. Lentil

Miju-miju mengandung protein dan serat nabati yang besar dan kuat. Mereka sangat terjangkau dan dapat meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Biji labu

Biji labu kaya akan protein dan mineral, seperti magnesium dan selenium. Orang yang ingin menurunkan berat badan harus menjauhi biji labu panggang minyak dan memilih biji panggang kering sebagai gantinya.

  1. Alpukat

Alpukat tidak hanya mengandung protein dan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung, tetapi juga mengandung serat dan nutrisi yang baik, seperti kalium.

Kontrol porsi diperlukan, karena alpukat sangat padat kalori.

  1. Pistachio

Kacang pistachio adalah kacang yang cukup rendah kalori dan mengandung banyak protein.

Satu ons pistachio mengandung sekitar 6 g protein dan banyak nutrisi lain termasuk B-6 dosis tinggi.

  1. Biji chia

Biji kecil ini mengandung lebih dari 5 g protein per ons, bersama dengan omega-3, serat, dan kalsium. Vegan sering menggunakan biji chia sebagai pengganti telur, dan banyak orang senang menambahkannya ke smoothie atau salad untuk mendapatkan manfaat kesehatan tambahan.

  1. Selai kacang

Selai kacang, termasuk selai kacang, mengandung banyak kalori, tetapi porsi yang dikontrol dapat menambah lemak tak jenuh dan takaran protein ke dalam makanan seseorang. Orang yang ingin makan selai kacang dengan sehat harus memilih makanan yang tidak mengandung gula atau minyak.

  1. Halibut

Ikan putih ini adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik dengan hampir 30 g protein dalam setengah fillet.

  1. Asparagus

Asparagus mendapatkan lebih dari seperempat kalori dari protein. Itu juga penuh nutrisi, termasuk vitamin B dan rendah karbohidrat.

  1. Selada air

Sayuran silangan ini tumbuh di dalam air, ternyata memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, dan mengandung vitamin K untuk sehari penuh. Menambahkan selada air ke salad benar-benar dapat memaksimalkan manfaat kesehatannya.

  1. Brussel sprout

Brussel sprout kaya akan protein, serat, dan vitamin. Satu porsi cangkir mengandung hampir 3 g protein.

  1. Dieja

Spelt merupakan jenis gandum yang dikuliti yang memiliki kandungan protein sangat tinggi. Ini semakin populer dan sering tersedia dengan tepung khusus.

  1. Teff

Teff adalah rumput yang sering ditumbuk untuk membuat tepung. Makanan bebas gluten ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dengan sekitar 13 g protein per 100 g sajian.

  1. Bubuk protein whey

Bubuk protein whey digunakan oleh banyak binaragawan dan atlet sebagai suplemen untuk membantu meningkatkan massa dan kekuatan otot. Bubuk ini terbuat dari protein yang ditemukan di bagian cair susu dan dapat menambahkan sejumlah besar protein ke dalam makanan seseorang.(rid)