Kamis, 20 Juni 2024
Koran Jogja

5 Buah Paling Bergizi dan Mudah Didapatkan

5 Buah Paling Bergizi dan Mudah Didapatkan. (pixabay)
5 Buah Paling Bergizi dan Mudah Didapatkan. (pixabay)

Koran Jogja – Semua jenis buah memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Beberapa di antaranya memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Buah juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung, kanker, peradangan, dan diabetes. Jeruk mungkin sangat ampuh untuk mencegah penyakit.

Dilansir dari medical news today, berikut ulasan mengenai nutrisi dan beragam manfaat dari buah.

Stroberi

Stroberi merupakan buah berwarna merah berair yang memiliki banyak kandungan air. Selain itu dalam bijinya pun ditemukan banyak serat makanan.

Buah ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan dalam stroberi di antaranya antosianin, yaitu flavonoid yang bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu ada serat dan potasium yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Jeruk

Jeruk merupakan buah yang berbentuk bulat. Rasanya ada yang manis, dan tinggi kandungan vitamin serta mineral.

Buah ini merupakan salah satu sumber vitamin C terkaya, dengan satu buah berukuran sedang menyediakan 78% dari nilai vitamin C harian seseorang.

Apel

Buah apel sangat mudah didapat. Jika memakannya, akan berdampak pada kulit. Apel juga memiliki serta yang tinggi, yang bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan berat badan.

Ada juga kandungan berupa pektin yang bisa membantu menjaga kesehatan usus.

Dalam penelitian menyebutkan ada hubungan antara makan apel secara teratur dan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, kanker tertentu, dan diabetes.

Kandungan lain dalam apel yakni kadar quercetin yang tinggi, suatu flavonoid yang mungkin memiliki sifat anti kanker.

Nanas

Nanas merupakan buah eksotis yang bisa membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan gerakan usus yang sehat.

Buah ini memiliki kandungan senyawa aktif yang disebut bromelain, yang banyak orang gunakan sebagai suplemen makanan karena potensi manfaat kesehatannya.

Pisang

Buah paling bergizi selanjutnya adalah pisang yang memiliki kandungan potasiumnya yang tinggi. Satu buah pisang (126 g) memiliki sekitar 451 mg potasium.

Manfaat dari kalium yakni bisa membantu tubuh mengontrol tekanan darah. Pisang juga merupakan sumber energi yang baik.

Satu buah pisang mengandung 112 kalori dan 28,8 g karbohidrat. Serat 3,28 g dalam pisang juga dapat membantu melancarkan buang air besar secara teratur. (*)

Baca artikel lainnya:

Leave a Reply