Jenazah Artidjo Alkostar Rencananya Dimakamkan di Makam UII

by

Sleman, Koran Jogja – Jenazah Artidjo Alkostar rencananya akan disemayamkan di Auditorium Abdulkahar Muzakkir dan dimakamkan pada Senin, (1/3) pukul 10.00 WIB di Makam Keluarga Besar Universitas Islam Indonesia (UII) yang berlokasi di Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang km. 14,5, Yogyakarta.

“Akan disemayamkan di kampus Terpadu UII Jalan Kaliurang km. 14,5, Yogyakarta,” kata Humas UII, Ratna, saat dikonfirmasi Minggu (28/2).

Mantan Hakim Agung sekaligus Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung RI itu meninggal dunia di Jakarta, pada Minggu (28/2).

Artidjo Alkostar lahir di Situbondo, Jawa Timur. Ia menamatkan pendidikan SMA di Asem Bagus, Situbondo.

Kemudian menempuh pendidikan dan meraih gelar sarjana hukum (SH) di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia pada 1976 serta magister (LLM) di Universitas Northwestern, Chicago, Amerika Serikat pada tahun 2002.

Pada awal kariernya, Artidjo Alkostar menjadi tenaga pengajar di FH UII Yogyakarta. Ia kemudian menjadi bagian dari Lembaga Bantuan Hukum Yogyakarta pada 1981.

Artidjo Alkostar terpilih sebagai Hakim Agung RI pada 2000. Selama menjabat, ia telah menyelesaikan puluhan ribu berkas perkara di Mahkamag Agung. Ia juga sempat menangani kasus-kasus besar seperti proyek pusat olahraga Hambalang, suap impor daging, dan suap ketua Mahkamah Konstitusi.

Artidjo Alkostar kemudian menjadi bagian dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjabat sebagai anggota dewan pengawas.(rid)