Lawan Politik Uang, Paslon Satu Bantul Siapkan Satgas

by

Bantul, Koran Jogja – Mewaspadai adanya gerakan politik uang selama masa tenang yang akan berlangsung mulai 6-8 Desember, pasangan calon nomor satu Pilkada Bantul menyiapkan satuan tugas (Satgas) di dusun-dusun. Politik uang patut diwaspadai karena meresahkan masyarakat.

Penyiapan personel Satgas ini dilakukan Paslon nomor satu di Posko Pemenangan pada Sabtu (5/12) dalam apel yang dipimpin langsung Cawabup Joko Purnomo.

“Hari ini kita kumpulkan sekitar 225 satgas dari PDIP dan Garda Bangsa. Mereka akan kita sebar ke dusun dan lingkungan sekitar mereka untuk mewaspadai politik uang menjelang pencoblosan,” kata Joko.

Langkah ini menurut Joko bertujuan untuk tetap menjaga kondusifitas Bantul yang selama masa kampanye 71 hari berjalan aman dan terkendali. Ia meminta seluruh personel untuk tetap berbuat hal yang sama demi Bantul.

Jika memang di lapangan ditemukan adanya pelaku politik uang, Joko meminta Satgas jangan main hakim sendiri. Setelah diamankan, ditemukan barang buktinya, lalu dilaporkan ke aparat hukum agar diproses sesuai perundang-undangan.

“Bersamaan dengan itu, seluruh personel juga kita ajak gotong royong bersama-sama mencopoti alat peraga kampanye (APK). Kita ingin memberi contoh dan teladan bahwa kita taat peraturan,” kata Joko.

Sekretaris Tim Pemenangan Halim-Joko, Rajut Sukasworo menceritakan pihaknya mendapatkan laporan adanya pergerakan yang diduga kuat akan melakukan politik uang di dusun-dusun.

“Dilaporkan banyak orang asing yang masuk dusun-dusun dan menawarkan amplop yang terdapat sticker. Meskipun kita belum tahu apa isinya amplopnya, namun ini perlu diwaspadai,” ceritanya.

Rajut menegaskan jika memang ada pelaku politik uang yang nanti ditangkap, masyarakat yang melaporkan akan didampingi penuh tim advokasi yang berisikan tujuh pembela hukum.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *