Lurah Terpilih Bantul Dilantik Rabu Lusa

by

Bantul, Koran Jogja – Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa, Setda Bantul Kurniantoro memastikan 24 lurah hasil Pilkades dan dua pergantian antar waktu dilantik Rabu (30/12).

“Dari hasil Pilkades Minggu (27/12), tercatat dari 24 desa terdapat 16 kepala desa baru dan sisanya adalah lurah petahana,” kata Toro, Senin (28/12).

Alasan pelantikan di akhir tahun ini, tiga hari berselang usai Pilkades, karena dengan sistem pemilihan dua tahun sekali Pemkab Bantul berharap ada kepala desa definitif terpilih.

Toro mengatakan, pelantikan 26 kepala desa oleh Bupati Bantul Suharsono bakal digelar di Gedung Induk Parasamya Pemkab Bantul.

“Kemungkinan adanya gugatan hasil Pilkades nanti. Hal itu sama sekali tidak berpengaruh pada pelantikan,” katanya.

Dari 24 gelaran Pilkades, delapan desa dipimpin oleh calon petahana yaitu Desa Pendowoharjo Kecamatan Sewon, Bangunjiwo dan Tirtonirmolo (Kasihan), Argodadi (Sedayu), Donotirto (Kretek), Segoroyoso (Pleret) dan Triwidadi (Pajangan).

Kemudian dua desa lainnya yang mengelar pemilihan untuk kepala desa pergantian antar waktu (PAW) pada 20 Desember yang turut dilantik adalah kepala desa Trirenggo (Bantul) dan Selopamioro (Imogiri).

Yang menarik, dua desa yang dimenangkan calon petahana dihadapkan pada anak dan istrinya sendiri. Di Desa Bangunjiwo, Kasihan, Parja berhadapan dengan Deny Fajar Sulistyo yang merupakan anak kandungnya.

Parja mendapatkan kemenangan usai menguasai 80 persen dari 12.695 suara sah.

Kemudian di Desa Pendowoharjo, Sewon, Hilmi Halimudin mengalahkan istrinya sendiri Faiqoh.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *