Parangtritis Tetapkan Tiket Elektronik

by

Bantul, Koran Jogja – Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul dalam tiga bulan memberlakukan pembayaran elektronik bagi pengunjung obyek wisata kawasan Pantai Parangtritis.

Bekerjasama dengan Bank BPD DIY, sistem yang dinamakan QRIS Ultimate Automated Transaction (QUAT) berlaku mulai Senin (10/5).

“Tiga bulan pertama akan dievaluasi. Kalau progresnya bagus tahun depan diharapkan semua objek wisata pemerintah menggunakan QR code atau cashless payment,” kata Kadispar Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, Jumat (7/5).

Meski aplikasi QUAT berasal dari BPD DIY. Namun aplikasi ini bisa dipergunakan untuk semua bank.

Sistem pembayaran non tunai ini diharapkan meminimalisir penyebaran Covid-19 karena petugas tidak perlu melakukan kontak langsung dengan wisatawan.

“Dengan penerapan transaksi ini (cashless) kam praktis dan diharapkan akan mampu mempercepat pelayanan. Selain itu sistem ini (cashless) juga untuk mencegah penularan COVID-19,” ucapnya.

Mengenai teknis pengoperasian, Kwintarto menerangkan setelah pengunduan aplikasi, pangunjung memindai kode batang di pintu masuk TPR Parangtritis.

Dari sana pengunjung lantas mangisi data dan melakukan pembayaran melalui e banking.

“Petugas masih akan memberikan sobekan tiket sebagai tanda telah melakukan pembayaran retribusi. Jika berjalan lancar, sobekan karcis tidak akan digunakan lagi” lanjutnya.

Kwintarto juga menjelaskan ada 8 titik yang bakal menerapkan pembayaran retribusi secara non tunai di Bantul. Nantinya di setiap titik itu wisatawan dapat menikmati belasan tempat wisata.(set)