Sabtu, 20 April 2024
Koran Jogja

Pedagang Pasar Sentul Jogja Berharap Tempati Bangunan Baru saat Ramadan

Pedagang Pasar Sentul Jogja Berharap Tempati Bangunan Baru saat Ramadan. (dok. Pemkot Yogyakarta)
Pedagang Pasar Sentul Jogja Berharap Tempati Bangunan Baru saat Ramadan. (dok. Pemkot Yogyakarta)

Koran Jogja – Pedagang Pasar Sentul Jogja berharap sudah bisa menempati lokasi baru pada bulan Ramadan mendatang.

Pemkot Yogyakarta diketahui melakukan revitalisasi Pasar Sentul sejak Mei 2023 lalu dan saat ini pengerjaannya telah selesai.

Rencananya para pedagang akan menempati bangunan baru Pasar Sentul Jogja pada akhir Februari atau awal Maret 2024 mendatang.

Seorang pedagang bernama Sukinem mengatakan, dirinya berharap dengan beroperasinya Pasar Sentul sebelum Ramadan akan menarik lebih banyak pembeli.

“Saat bulan puasa biasanya permintaan daging ayam naik. Termasuk menjelang lebaran. Terlebih ini kan bangunan baru. Pasti membuat orang penasaran melihat Pasar Sentul,” katanya dilansir dari laman Pemkot Yogyakarta, Minggu (25/2).

Sukinem berharap revitalisasi Pasar Sentul ini bisa berdampak pada penjual. Dirinya akan berjualan di lantai dua bersama pedagang lainnya yang menjual daging sapi dan kambing, ayam dan bebek, ikan, serta pedagang sembako.

“Semoga bisa betah dan mendatangkan rezeki untuk pedagang,” katanya.

Pedagang lainnya, Purwanto mengatakan Pasar Sentul saat ini sudah lebih rapi, bersih dan modern dibandingkan sebelumnya.

“Semoga bisa dalam waktu dekat bisa menempati bangunan baru,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Yogya, Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan untuk penataan pedagang di Pasar Sentul dibagi tiga.

Lantai satu untuk pedagang yang berjualan hasil bumi seperti sayuran, buah, tahu, tempe, serta makanan olahan dan jajanan kering.

Untuk lantai dua, ditempati pedagang yang berjualan sembako, kelontong, plastik, kerajinan, dan bagi pedagang yang berjualan daging ayam sapi ikan serta kambing

“Sedangkan lantai tiga atau rooftop akan menjadi zona kuliner,” paparnya. (*)

Baca artikel lainnya: