Pesan Halim: Wirausaha Muda Harus Petakan Pasar

by

Bantul, Koran Jogja – Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mendorong para wirausaha muda untuk memetakan pasar sebelum memproduksi barang. Hari ini, para wirausaha muda merupakan pahlawan ekonomi bangsa.

“Kenapa hari ini pemerintah mendorong kemunculan wirusaha muda setiap tahunnya. Sebab para wirausaha inilah yang menciptakan pasar tenaga kerja dan menghadirkan peluang permintaan pada factor-faktor produksi,” kata Hallim, Sabtu (13/11).

Kondisi ini disampaikan Halim saat membuka ‘Expo Pemuda Bantul #5 2021’ di Kompleks Pemda Bantul. Acara pameran berbagai produk UMKM wirausahawan muda ini berlangsung 12-18 November.

Dengan potensi sumber daya ekonomi local Bantul yang dari kajian terbagi atas bidang pariwisata, industri dan pertanian. Pemkab Bantul telah menetapkan misi ekonomi dengan mendorong pemberdayaan gunaan potensi local yang menerapkan teknologi dan penyerapan investasi.

“Banyaknya potensi sumber daya local yang bisa dimanfaatkan, kita sebagai orang Bantul seharusnya pede dengan keunggulan ini. Marilah kita terus mewarnai dengan keahlian yang dimiliki terutama kewirausahaan,” ucap Halim.

Karena itulah, Halim meminta organisasi maupun asosiasi para kewirausahaan muda dibantu pemerintah merangsang serta memfasilitasi upaya mereka. Pasalnya, anak-anak muda inilah yang lebih memahami peta jalan menuju pasar.

“Pemerintah hanya memfasilitasi dan mendampingi agar mereka bisa tumbuh lebih pesat,” jelasnya.

Karena itulah mulai hari ini, Halim mengajak anak muda untuk menemukan passionnya dalam industry kreatif, berkesenian, pertanian maupun di bidang agrobisnis.

“Silahkan dikembangkan. Banyak bertanya dan berguru agar pengusaha muda Bantul terarah. Lihat pasar, jangan buru-buru menciptakan sesuatu atau memproduksi barang,” lanjutnya.

Expo Pemuda Bantul adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Selain menampilkan 100 stan yang berisikan berbagai produk kriya, kuliner maupun industri kreatif.

Selama enam hari kedepan, berbagai acara juga akan digelar.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *