Produk UMKM Nimbokrang Jayapura Menyasar Digital Marketing

by 1 month ago

Sleman, Koran Jogja – Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Nimbokrang, Jayapura sampai saat ini masih belum teroptimalkan potensinya. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta pun menyelenggarakan Pelatihan Digital Marketing untuk memaksimalkan dalam segi pemasarannya.

Indra Gunawan, salah satu peserta KKN  mengatakan, kegiatan yang berlangsung di Aula MTs N Jayapura, pada pertengahan Agustus ini  bertujuan meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Dengan mengusung tema E-Training Digital Marketing UMKM Nimbokrang di Masa Pandemi dan New Normal Covid-19, kami ingin  mengoptimalkan peran aplikasi online shop dan media sosial dalam rangka memasarkan produk UMKM Nimbokrang yang selama ini kurang teroptimalkan,” kata Indra dalam keterangan tertulisnya pada Senin (17/8).

Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan kali ini para mahasiswa KKN UIN Suka dibantu  Khoirun Nisa Sri Mumpuni (Founder dan CEO Kitong Bisa Enterprise Indonesia Digital Marketing) dan Yusniar Renggina,  seorang Conten Creator Digital Marketing.

Untuk memotivasi semangat para pelaku UMKM Nimbokrang, Khoirun Nisa memaparkan data pengguna media sosial yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal ini membuktikan adanya peralihan pemasaran produk dari offline ke pemasaran online sangatlah pesat. Beberpa pengguna juga didominasi oleh media sosial seperti; Instagram, facebook, WhatsApp, dan lainnya.

Sementara itu, Yusniar memaparkan data pemanfaatan  media sosial di era saat ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Lebih lebih lagi  customer di era normal baru cenderung ramai menggunakan media untuk mencari barang kebutuhannya. Dari pengalamannya sebagai pelaku digital marketing, Yusniar merasa, memasarkan produk lewat media itu sangatlah efektif, apalagi zaman sekarang apa apa pake handphone. Pas ada corona apalagi, orang-orang seneng ya belanja online biar aman dan nyaman” ungkapnya.

Sementara itu, Very Julianto selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Papua UIN Suka mengatakan potensi Nimbokrang sangatlah tinggi, karena memiliki banyak macam produk dari UMKM. Namun, hingga saat ini potensi tersebut belum teroptimalkan secara menyeluruh terutama dalam pemasaran produk.

“Nimbokrang  punya banyak potensi yang bisa di kembangkan, tapi belum sepenuhnya teroptimalkan. Hal ini bukan karena Sumber Daya Manusia (SDM) yang rendah, tapi karena masih minim inovasi dan teknik dalam memasarkan produknya” tandasnya.

Melalui kegiatan KKN UIN Suka Very berharap, dapat membantu masyarakat khususnya yang bergerak di UMKM dalam berinovasi dan memasarkan produknya. Kegiatan KKN UIN Sunan Kalijaga di Jayapura ini sangat terbantu oleh  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jayapura. Program-program KKN yang dilakukan diharapkan dapat berimbas dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Distrik Nimbokrang, Jayapura.(rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *