Resmi Beroperasi, RSA UGM Tunjang Penanganan Corona di Jogja

by

Sleman – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X meresmikan bangunan Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM. Adapun peresmian dilakukan dengan membacakan sambutan melalui siaran video konferensi yang digelar di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (08/06) siang. Video konferensi tersebut juga diikuti oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Menteri Sekretaris Negara RI. Melalui prosesi tersebut, RSA UGM secara resmi telah beroperasi melayani masyarakat.

RSA UGM nantinya akan difokuskan sebagai Rumah Sakit Rujukan COVID-19 DIY dimana laboratoriumnya juga dapat digunakan untuk memproses sampel pasien COVID-19 DIY. Bangunan RSA UGM sendiri terbagi atas dua gedung, Arjuna dan Yudhistira yang masing-masing terdiri dari 5 lantai dengan kapasitas total 107 tempat tidur. Adapun total biaya yang dikeluarkan untuk membangun RSA UGM ini adalah sekitar 66,8 M rupiah.

Pada sambutannya, Sri Paduka mengucapkan selamat atas beroperasinya RSA UGM. Beliau berharap, RSA UGM dapat semakin melaju dalam mewujudkan cita-cita sebagai “friendly and caring hospital”, yaitu menjadi rumah sakit yang benar-benar nyaman, sejuk, penuh keramahan dalam pelayanan, dan menghadirkan nuansa yang menunjang kesembuhan pasien.

Sri Paduka menambahkan, “Saya mengajak RSA UGM untuk terus aktif dalam upaya pencegahan wabah COVID-19 yang sedang kita alami bersama. Pemerintah Daerah DIY senantiasa siap bekerjasama, bergotong-royong mewujudkan kesehatan semesta bagi seluruh warga, terutama dalam menyambut era new normal pasca pandemi COVID-19,” ujarnya.

Selalu berinovasi, dan berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat adalah salah satu faktor prioritas yang diharapkan dapat senantiasa diterapkan oleh RSA UGM. “Bukan tak mungkin, RSA UGM dapat menjadi rumah sakit pendidikan yang berkualitas, setara dengan The John Hopkins Hospital atau Charite-University Medicine Berlin,” tutup Sri Paduka.(rls/roy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *