Rp150 Miliar Danais Untuk Taman Budaya di Bantul

by

Bantul, Koran Jogja – Tahun depan Kabupaten Bantul bakal memiliki taman budaya berkelas internasional. Terletak di Kecamatan Pajangan, pembangunan taman menggunakan Dana Keistimewaan (Danais) senilai Rp150 miliar.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menjelaskan saat pembebasan lahan untuk proyek ini sudah selesai. Dengan luas lahan 50 ribu meter persegi, pembebasan tanah mencapai Rp25 miliar dan sudah disalurkan ke 19 pemilik sertifikat.

“Tahun ini pelaksanaan proses detail engineering design (DED) juga dilaksanakan dengan pembiayaan dari APBD Bantul. Pembangunan konstruksi telah dianggarkan Rp135. Sehingga total pembiayaan dari Danais mencapai Rp150 miliar,” kata Halim, di Kantor Pemkab Bantul, Senin (22/3).

Nantinya taman budaya ini berfungsi sebagai area pementasan berbagai kesenian antar negara yang terlibat dalam pertukaran. Kelengkapan taman budaya akan mengacu pada standar gedung-gedung pertunjukkan di Eropa atau Amerika.

Berbeda dengan proyek sebelumnya, Halim mengatakan dengan luasan area taman serta kelengkapan sarana prasarana pertunjukkan maka keberadaan taman budaya ini nantinya tidak ngisi-ngisini.

Berada di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, keberadaan taman budaya ini diharapkan menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi di Bantul Barat. Adanya Jogja Outer Ring Road (JORR) dan akses utama ke bandara Kulonprogo adalah alasan utama pembangunan taman budaya ini di Pajangan.

“Nanti taman budaya ini akan dikelola Pemkab Bantul. Warga dilibatkan dalam bisnis homestay bagi tamu dari luar negeri, pasalnya di pengelola taman budaya ini tidak menyediakan penginapan,” jelas Halim.

Soal mengapa tidak menggunakan Pasar Seni Gabusan (PSG). Halim mengatakan dalam pembangunan taman budaya ini baik Pemda maupun Pemkab ingin dalam jangka panjang urusan pembangunan serta administrasi pertanahan stabil tidak terjadi masalah.

‘Jika menggunakan PSG, kita terkendala administrasi pertanahan karena PSG adalah tanah kas desa,” pungkasnya.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *