Sah, Suharsono Lawan Halim Di Pilkada Bantul

by

Bantul, Koran Jogja – Pasangan Suharsono-Totok Sudarto dan Abdul Halim Muslih – Joko B Purnomo sah dinyatakan sebagai peserta Pilkada Bantul oleh KPU. Syarat adminitrasi dinyatakan lengkap tanpa cacat.

Keputusan penetapan ini dikabarkan Ketua KPU Bantul Joko Didik Nugroho melalui pesan pendek usai berakhirnya rapat pleno tertutup Rabu (23/9/2020) siang.

“Melalui surat keputusan KPU nomor 344 tertanggal 23 September. KPU Bantul menetapkan kedua pasangan sebagai peserta Pilkada 2020,” tulisnya.

Sejak dibuka pada 4-6 September lalu, KPU Bantul hanya menerima dua pendaftar yaitu Suharsono-Totok Sudarto yang diusung partai Gerindra, Golkar, PPP, PKS dan NasDem.

Kemudian pasangan Abdul Halim Muslih-Joko B. Purnomo diusung PDIP, PKB, PAN, Demokrat, dan dari non legislatif partai Gelora dan PSI. Kedua pasangan daftar bersamaan pada 4 September.

Semua syarat administrasi yang diwajibkan sebagai syarat pendaftaran oleh KPU dinyatakan lengkap. Suharsono – Halim dikenal sebagai pasangan pecah kongsi, karena saat ini mereka masih menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati.

“Kamis (24/9) besok kami mengundang kedua pasangan untuk mengikuti rapat pleno terbuka pengundian nomor urut,” lanjut Didik.

Menindaklanjuti himbauan pemerintah, KPU meminta masing-masing calon membawa 20 orang, termasuk kedua pasangan, untuk ikut rapat.

Selain pasangan, pimpinan partai pengusung maupun pendukung, ketua tim kampanye dan Liaison Officer (LO) pasangan yang hanya diijinkan masuk.

“Kami juga membatasi jumlah awak media yang meliput. Kami sediakan Kouta untuk 15 orang,” kata Didik.

Sedangkan bagi para pendukunga kedua pasangan, KPU akan menyiarkan langsung jalanya rapat pleno terbuka melalui media sosial mereka.

Sementara itu, Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi S mengatakan pihaknya siap mengamankan jalannya rapat dan memerintahkan jajarannya untuk memperketat akses masuk ke KPU.

“Hanya orang dengan tanda pengenal saja yang kami boleh masuk. Ini untuk menegakkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Kapolres juga telah meminta kedua pasangan untuk tidak mengajak pendukung. Kepolisian akan lakukan pencegatan di perempatan Gose dan perempatan Palbapang.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *