Sayuran apa yang baik untuk penderita diabetes?

by

Koran Jogja – Sayuran memang baik untuk kita, tetapi apakah ada sayuran tertentu yang baik untuk penderita diabetes?

Diabetes adalah kondisi yang kompleks, dibagi menjadi beberapa tipe: diabetes tipe 1 dan diabetes tipe dua. (Livescience, 14/8)

Keduanya terkait dengan hormon insulin, yang dibuat di pankreas dan bertanggung jawab untuk membantu tubuh kita menggunakan glukosa (gula) untuk energi dan mengatur kadar gula darah.

Kita akan melihat sayuran mana yang baik untuk penderita diabetes, sayuran mana yang harus dibatasi dan cara-cara agar Anda dapat dengan mudah memasukkan lebih banyak sayuran ke dalam makanan Anda.

Sebuah tinjauan di jurnal Nutrition menemukan bahwa diet rendah karbohidrat dapat mendukung mereka yang menderita diabetes, karena diet rendah karbohidrat andal mengurangi kadar glukosa darah tinggi, dan telah terbukti mengurangi atau menghilangkan kebutuhan akan obat-obatan.

Aturan yang mudah diingat adalah sayuran yang tumbuh di atas tanah umumnya rendah karbohidrat, dan sayuran yang tumbuh di bawah tanah tinggi karbohidrat.

Ada beberapa pengecualian, seperti butternut squash, yang tumbuh di atas tanah tetapi cukup tinggi karbohidrat. Labu musim panas lebih rendah karbohidrat dan merupakan alternatif yang lebih baik untuk penderita diabetes.

Sayuran terbaik untuk penderita diabetes meliputi:

– Sayuran berdaun hijau, seperti kubis, sayuran hijau, brokoli, kubis brussel, bayam dan kangkung
– Asparagus
– kacang hijau
– Terong
– Paprika
– Seledri
– Jamur
– Kacang-kacangan, seperti buncis, lentil, dan buncis
– Tomat
– Bawang
– Timun

Meskipun sayuran segar cenderung memiliki nilai gizi terbaik, sayuran kaleng dan beku juga bergizi tinggi dan merupakan alternatif yang sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *