Sabtu, 20 April 2024
Koran Jogja

Cara Menanam Pisang Agar Subur dan Cepat Berbuah

Cara Menanam Pisang Agar Subur dan Cepat Berbuah. (pixabay)
Cara Menanam Pisang Agar Subur dan Cepat Berbuah. (pixabay)

Koran Jogja – Cara menanam pisang agar subur dan cepat berbuah, untuk pemula yang mudah dan kemungkinan besar bisa panen ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dalam menanam pisang ini perlu diketahui dulu syarat tanaman bisa tumbuh dengan baik. Sejumlah syarat itu di antaranya, penanaman pisang setiap rumpunnya maksimal 2 sampai 3 pohon.

Sedangkan Tingkat kemiringan tanah maksimal 45 derajat. Lahan pun harus diteras. Lalu ada penguat teras yang harus dipelihara dengan baik.

Baca artikel menarik lainnya:

Selain itu, petani pisang harus memperhatikan pemupukannya ketika kondisi kesuburan tanah rendah.

Pemupukan ini bisa dengan memakai pupuk ZA 200 g/tanaman/tahun, pupuk TSP 100 g/tanaman/tahun, pupuk KCl 150 g/tanaman/tahun.

Dilansir dari laman demakkab, berikut adalah sejumlah tahapan mengenai cara budidaya pisang agar menghasilkan buah dengan kualitas bagus.

Persiapan lahan

Langkah awal dalam menanam pisang yakni harus mempersiapkan lahannya. Bersihkan lahan dari alang-alang.

Lalu membuat lubang tanaman ukurannya 60 x 60 x 50 cm dengan jarak antar lubang tanam 3-4 m. Setiap lubang diisi pupuk kandang atau kompos.

Seleksi bibit

Supaya bisa menghasilkan pisang yang berkualitas, maka pilih bibit dari metode bit atau bonggol. Dederkan dengan media tanam campur pasir dengan perbandingan 1-1.

Setelah satu minggu, bonggol pisang akan berakar. Langkah selanjutnya dipindahkan ke polybag. Berjalan 2 bulan, bibit waktunya untuk dipindahkan ke lahan.