Senin, 22 Juli 2024
Koran Jogja

Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan, Bisa Melawan Pilek dan Flu

Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan, Bisa Melawan Pilek dan Flu. (pixabay)
Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan, Bisa Melawan Pilek dan Flu. (pixabay)

Koran Jogja – Manfaat mandi air dingin untuk kesehatan ada cukup banyak. mulai dari meningkatkan endorfin, metabolisme, hingga sirkulasi. Selain itu juga bisa membantu melawan penyakit umum, semisal pilek dan flu.

Dikutip dari Healthline, mandi air dingin merupakan mandi dengan suhu air di bawah 70°F. Terapi air juga telah digunakan berabad-abad. Hasilnya bisa lebih tahan terhadap stres. Berikut adalah sejumlah manfaatnya

Mandi air dingin bisa membantu meningkatkan endorfin

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyebut depresi setidaknya berpengaruh terhadap 10 persen orang dewasa Amerika.

Sudah banyak obat untuk mengobatinya, dan tentu tergantung dari tingkat keparahan serta gejala. Salah satu metode pengobatan holistik yang mulai populer yaitu hidroterapi.

Mandi air dingin selama 5 menit yang dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu terbukti bisa membantu meringankan gelaja depresi.

Mandi air dingin ini bisa sebagai terapi kejut Listrik yang lembut. Karena mengirimkan banyak impuls Listrik ke otak.

Mandi air dingin bisa membantu meningkatkan metabolisme

Manfaat lain dari mandi ari dingin ini bisa meningkatkan metabolisme, ketika dilakukan 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Selain itu juga bisa membantu melawan gejala obesitas. Penelitian menyebut mandi air dingin bisa menyeimbangkan kadar hormon tertentu dan menyembuhkan sistem pencernaan.

Mandi air dingin membantu meningkatkan sirkulasi

Ketika membenamkan tubuh ke dalam air dingin, mungkin akan terasa tidak nyaman. Namun juga bisa menyegarkan tubuh.

Sebab air yang lebih dingin dari suhu tubuh kita menyebabkan tubuh bekerja lebih keras supaya bisa mempertahankan suhu tintinya. Jika dilakukan dengan rutin maka bisa membantu sisten peredaran darah lebih efisien.

Mandi air dingin bisa membantu melawan penyakit umum

Kejutan air dingin terhadap aliran darah bisa merangsang leukosit. Artinya bisa membantu ketahanan terhadap penyakit umum, di antaranya pilek dan flu. (*)

Baca artikel lainnya:

Leave a Reply