Jumat, 21 Juni 2024
Koran Jogja

Olah Sampah di Kandang Maggot Jogja, Panennya untuk Pakan Lele

Olah Sampah di Kandang Maggot Jogja, Panennya untuk Pakan Lele. (dok. Pemkot Yogyakarta)
Olah Sampah di Kandang Maggot Jogja, Panennya untuk Pakan Lele. (dok. Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta, Koran Jogja – Kandang Maggot Jogja mengolah sampah organik menjadi pakan lele dan pupuk kompos dengan memanfaatkan larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF).

Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, Kandang Maggot Jogja ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk pengelolaan sampah organik.

Baca juga: Pandemi, Peternak Ikan Hias Bantul Tak Mati Suri

“Ini satu alternatif yang luar biasa, dengan cara manggot sudah dimulai pengolahan sampah organik,” katanya dikutip dari laman Pemkot Yogyakarta, Rabu (16/8).

Alamat Kandang Maggot Jogja ini berada di Jalan Jambon V RT 61 RW 1 Kricak Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Pengelolaannya dilakukan secara mandiri oleh masyarakat setempat.

Maggot merupakan larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF) atau Hermetia illucens. Larva ini bisa dimanfaatkan untuk pakan ikan maupun ternak.

Budidaya maggot ini membutuhkan pakan dari sampah organik, seperti sisa makanan, sayuran, ikan, buah, telur dan masih banyak lagi.

Pengelola Kandang Maggot Jogja Endang Rohjiani mengatakan sampah organik yang dikelola didapat dari warga di Kelurahan Kricak.

Saat ini, Kandang Maggot Jogja baru bisa menampung sekitar 300 kilogram sampah organik karena masih memakai mesin dengan kapasitas kecil.

Endang mengungkapkan maggot ini punya siklus 45 hari dari telur, kemudian lima hari baby telur. Selanjutnya menjadi maggot yang mana sudah bisa menyerap sampah organik.

Leave a Reply